Rabu, 29 Mei 2024

Peredaran Sabu tujuan Yakuhimo Papua untuk oknum pekerja tambang berhasil digagalkan Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel

Peredaran narkotika jenis sabu asal Belopa Sulawesi Sulatan tujuan Sentani Kab. Jayapura Provinsi Papua seberat 37,2 gram berhasil digagalkan personel Timsus Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulawesi Selatan pada 16 Mei 2024

Pengungkapan tersebut berawal ketika Personel Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya paket mencurigakan pada salah jasa pengiriman di Kota Makassar. Tim kemudian bergerak cepat melakukan kordinasi dan tracing paket yang dimaksud dan diketahui paket tersebut baru saja diantarkan menuju Kargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk diterbangkan ke Sentani Kab. Jayapura sebagai alamat tujuan paket.

"Saya mendapat laporan dari Kanit Timsus bahwa diduga ada paket mencurigakan telah dikirim oleh seseorang melalui salah satu jasa pengiriman di Kota Makassar, namun setelah di cek ternyata paket tersebut telah berada di Kargo dan akan diterbangkan ke Lokasi tujuan. Saya telah perintahkan Kanit Timsus untuk bergerak cepat dan lakukan kordinasi, amankan paket tersebut pastikan apa isinya, kalau memang barang terlarang lanjut untuk lakukan pengejaran ke Pengirim maupun penerima" Kata Dirnarkoba Polda Sulsel KBP DARMAWAN AFFANDY, S.I.K., M.M

Tim yang dipimpin Kanit Timsus AKP LUMBRIAN HAYUDI P. S.I.K., M.H Didampingi Panit 1 Timsus IPDA A. ASMAR ALIMUDDIN, S.H.S.M., M.M kemudian bergegas untuk menuju kargo bandara untuk menahan dan melakukan pengecekan terhadap paket tersebut, kemudian diketahui paket tersebut berisi sepasang sepatu yang didalamnya diselipkan bungkusan lapban hitam berisi kristal bening diduga narkotika jenis sabu. Diketahui paket tersebut dikirim dari Wilayah hukum Polda Sulsel menuju alamat tujuan Pasar Lama Sentani Kab. Jayapura, Papua.

"Kami telah mendatangi Kargo Bandara, dimana diketahui posisi terkahir barang tersebut, dan alhamdulillah kami menemukan barang tersebut sebelum dikirim melalui jalur udara Via Kargo Bandara Sultan Hasanuddin. Telah kami cek dan ternyata ada paket sabu yang diselipkan dalam sepatu. Direktur telah memerintahkan untuk Timsus langsung bergerak cepat berangkat ke lokasi penerima" Jelas Kanit Timsus AKP LUMBRIAN HAYUDI P. S.I.K., M.H.

Pada hari selasa 16 Mei 2024 Tim tiba di Sentani Kab. Jayapura Papua, dan langsung melakukan kordinasi dengan pihak jasa pengiriman. Kemudian sekitar pukul 13.00 datang seseorang untuk menanyakan dan mengambil paket tersebut. Kemudian Tim melakukan penangkapan sesaat setelah lelaki tersebut meninggalkan kantor jasa pengiriman. Tim melakukan introgasi kemudian diketahui bahwa penerima paket tersebut berinisial Lk. S sesuai dengan identitas penerima paket.

Tim melakukan introgasi mendalam, bahwa paket tersebut nantinya akan dijemput lagi oleh seseorang melalui arahan Lk. M (DPO) dan akan dibawa menuju Kab. Yakuhimo Papua. Sekitar pukul 21.00 Wit Lk. S kemudian mendapat telfon dari Lk. M (DPO) untuk membawa paket tersebut ke Kota Jayapura kemudian menyerahkan kepada seseorang disana. Sekitar pukul 22.00 Wit kemudian datanglah seseorang yang kemudian diketahui berinisial  Lk. MY atas suruhan dari Lk. T (DPO).

Dari hasil introgasi bahwa paket tersebut dipesan oleh seseorang berinisial Lk. T (DPO) yang rencananya akan di bawa ke Kabupaten Yakuhimo, Papua dan akan diedarkan bagi para pekerja tambang yang ada disana.

"Personel Timsus berhasil mengamankan 2 orang di Wilayah Jayapura Papua. Diduga peran keduanya adalah kurir. Dimana paket tersebut menurut introgasi anggota akan dikirim ke Kabupaten Yakuhimo dan akan diedarkan di sana. Dari hasil introgasi juga dinetahui bahwa narkoba tersebut diedarkan di kalangan pekerja tambang emas disana. Kami saat ini tengah melakukan kordinasi mendalam dengan personel di Polda Papua untuk membongkar jaringan ini" Tutup KBP DARMAWAN AFFANDY, S.I.K., M.M

Untuk saat ini terduga pelaku dan barang bukti telah dibawa menuju Kantor Direktorat Narkoba Polda Sulawesi Selatan guna dilakukan Penyelidikan dan Penyidikan lebih lanjut.

dapatkan juga update berita terbaru tentang Direktorat Narkoba Polda Sulsel di Akun sosial media kami:
Instagram : @narkoba_sulsel
Fanspage FB : Direktorat Narkoba Polda Sulsel
Share:

0 komentar:

Posting Komentar