Selasa, 09 Juli 2024

Pesan Dirresnarkoba Polda Sulsel Pada Kegiatan MPLS SMA Negeri 8 Makassar: "PELAJAR BERPERAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN BEBAS NARKOBA"

        Masa perkenalan lingkungan sekolah sangat penting bagi siswa baru karena oleh karena memberikan beberapa manfaat yaitu : Membantu siswa baru merasa lebih nyaman dan terbiasa dengan lingkungan baru dan Memberikan informasi penting tentang aturan, kebijakan, dan budaya sekolah. Semua ini dapat membantu siswa baru menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan merasa lebih termotivasi untuk belajar. 


    Olehnya itu SMA Negeri 8 Kota Makassar memanfaatkan momentum tersebut untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba dan Pencegahannya. Pihak Sekolah menghadirkan langsung Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol Darmawan Affandy, S.I.K., M.M sebagai Narasumber  

            Sosialisasi narkoba pada kegiatan masa perkenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru sangat penting. Dalam sosialisasi ini, siswa baru perlu diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba, dampak negatifnya terhadap kesehatan dan kehidupan, serta pentingnya untuk menjauhi narkoba. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam sosialisasi narkoba termasuk:

1. Penyuluhan dan edukasi tentang narkoba: Memberikan informasi lengkap tentang jenis-jenis narkoba, bahayanya, dan dampaknya secara jelas dan lugas kepada siswa baru.

2. Membahas tanda-tanda dan gejala penggunaan narkoba: Mendiskusikan tanda-tanda penggunaan narkoba agar siswa dapat mengenali jika ada teman atau diri sendiri terlibat dalam penggunaan narkoba.

3. Promosi gaya hidup sehat: Mendorong siswa untuk menjaga kesehatan dan mengembangkan minat pada kegiatan positif sebagai alternatif dari penggunaan narkoba.

4. Menciptakan lingkungan sekolah yang bebas narkoba: Menekankan bahwa sekolah adalah tempat yang aman dan bebas dari narkoba.

Dengan sosialisasi yang tepat, diharapkan siswa baru dapat memahami bahaya narkoba dan dapat menjauhinya untuk menjaga kesehatan dan masa depan mereka.

          Sebelum mengakhiri ceramah sosialisasi tersebut Dirresnarkoba Polda Sulsel menekankan pentingnya peran aktif pelajar / siswa dalam menjauhi narkoba dan menecegah peradaran narkoba dilingkungan sekolah. 
        "Saya berharap pihak sekolah, baik itu Guru, dan Para Siswa agar mengambil peran dalam mencegah peradaran narkoba, karena sesungguh pencegahan dan pemberantasan tindak pidana narkoba bukan hanya tanggung jawab aparat penegak hukum, tapi semua elemen masyarakat perlu mengambil peran sesuai dengan fungsi masing" Tutur KBP Darmawan Affandy yg juga merupakan salahsatu alumni SMA Negeri di Kota Makassar.


dapatkan juga update berita terbaru tentang Direktorat Narkoba Polda Sulsel di Akun sosial media kami:
Instagram : @narkoba_sulsel
Fanspage FB : Direktorat Narkoba Polda Sulsel

Share:

1 komentar:

  1. Terima kasih yg tak terhingga kepada pak Darmawan Affandi selaku Direktur Narkoba Polda SulSel yg sudah meluangkan waktunya berkunjung ke sekolah anak kami, SMAN 8 Mks, dalam rangka memberikan penyuluhan tentang bahayanya Narkoba dan obat² terlarang
    Sukses selalu pak komandan 🙏

    BalasHapus